Pahlawan Itu

Pahlawan Itu
By: Muhammad Thaufani

Ex. Ketua LDF FKMI Iqtishad Fakultas Ekonomi Untan Periode 2011-2012
Menteri Kastrat BEM Untan Periode 2012-2013

Menurut Anis Matta,pahlawan itu tidak hanya dikagumi tapi pahlawan harus diteladani


Menarik ketika sewaktu masa kecil yang selalu terbayang di benak ingatan kita bahwa pahlawan itu mereka yang punya kekuatan atau mungkin super power dan yang sejernisnya. Ada yang bisa terbang,bergelantung dan masih banyak lagi.

Tapi sekali lagi bahwa itu dulu,di masa kecil sebagian dari saya dan mungkin anda.


Di usia kita sekarang ini,sepertinya kita kembali harus melakukan proses konstruksi, rekontruksi, dan dekonstruksi nilai-nilai pahlawan tersebut dalam kehidupan masyarakat.



Bisa jadi itulah sebabnya kenapa proses metamorfosa bangsa ini sangat stagnan dan tidak terjadi perubahan yang terlalu signifikan karena proses kekaguman selalu yang dikedepankan tanpa dibarengi keteladanan.

Nasionalime IM sejalan dengan apa yang diperjuangkan oleh para pejuang surabaya,, dimana di dalam definisi imam hasan al banna tentang nasionalisme adalah semangat perjuangan itu tidak terbatas oleh sekat maupun ruang dan waktu yang apabila terdapat seorang muslim berpijak maka itulah daerah perjuangan kita.

di dalam semangat para pejuang surabaya terdapat beberapa hal yang bisa kita peroleh di antaranya menghilangkan penjajahan di negeri surabaya dalam rangka penyerangan tentara inggris dan etika perjuangan yang digelorakan sangat khas dengan perjuangan para sahabat rasul dalam berperang,

oleh karena itu definisi itu tergantung kondisi realita dan konsep ideal yang harus bersinergis dalam kebutuhan masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar